Wednesday, October 22, 2008

Independent VS Childish

Sebagian besar orang, terutama temen-teman kantor mengenal saya sebagai orang yang mandiri dan tidak manja. Pada umumnya memang hal itulah yang terlihat dari cara saya berfikir dan bersikap (narsis mode on*). Dan ketika kemandirian seseorang diasosiasikan dengan tata urutan kelahiran dimana anak-anak sulung biasanya akan tumbuh menjadi anak-anak yang mandiri ketimbang anak bungsu yang berkecenderungan manja, maka tak jarang yang terkejut saat mengetahui bahwa saya adalah anak bungsu di keluarga.

Sebenarnya, tidak dapat dipungkiri bahwa saya memiliki kecenderungan manja saat kecil. Apalagi sebagai anak paling kecil, jarak umur antara saya dan kakak laki-laki (mas) adalah 9 tahun, jarak umur yang mungkin cukup jauh untuk semakin menjustifikasi saya memiliki privilege sebagai anak manja.

Saat saya memutuskan kuliah di Bandung, situasi dan kondisi jauh dari orang tua, akhirnya membawa saya pada pola pikir yang berbeda -Harus mandiri dan tidak manja-. Apalagi dengan kenyataan bahwa orang tua saya memiliki keterbatasan finansial untuk support saya, maka mau tidak mau saya harus tabah menjalani hidup di tanah rantau. Cailah... hehehe... Maka menjadi mandiri adalah satu-satunya pilihan.

Pasca lulus kuliah dan akhirnya bekerja, saya pun harus menghidupi diri sendiri dan tidak lagi minta uang pada orang tua. Malu dong, dah gedhe masak masih minta ortu. Bahkan keterbatasan keuangan dan fisik orang tua saya sekali lagi memaksa saya harus menjadi pribadi yang mandiri dan ulet untuk bekerja dan sedapat mungkin men-support mereka. Sidejobs berupa projects, menulis, atau nerjemahin text book, akhirnya jadi salah satu bagian perjuangan saya membangun sebuah kemandirian hidup.

Sampai dengan saat ini, saat saya sudah menikah, dan memiliki pekerjaan yang lebih settle, saya pun tetap ingin membangun diri sebagai pribadi yang independent. Tapi jauh di dalam sana... tidak dapat disangkal bahwa saya sebenernya memiliki karakter manja. Tidak banyak yang tau memang. Bahkan teman-teman dekat saya. Kalopun ada yang tau, togh saya tidak pernah berlaku manja sama mereka. Malu dong! Hanya pada beberapa orang tertentu saja saya berani bersikap kolokan. Selain Alison ada seorang teman yang dengannya saya merasa nyaman dan tidak malu untuk berlaku kekanak-kanakan atau kolokan. Hiks.

10 comments:

Anonymous said...

Hello...
beberapa waktu lalu Ibu Enny sempat salah mengira saya (tanti kris) sebagai tasrin kris... Beliau komen di blog saya, kok sekarang pindah ke wordpress, dulu kan blogspot...??? Padahal saya blogger baru, emang sih pindah tapi dari FS. Trus saya bilang... bukan Bu, CUMI... CUma MIrip...hehehe
Nah, sekarang saya berkesempatan berkunjung kesini, Ooo.. jadi ini to yang dikelirukan bu Enny...hehe...
Nice to meet you Kris (eh, saya panggil siapa nih?)
Salam !

Kris Tasrin said...

@ tanti,
salam kenal juga. panggil kris aja ya.mohon ijin ngelink blog kamu ya. boleh kan?

Anonymous said...

Haaa blognya Kris PL :D
Iseng2 blogwalking ketemu ini blog. Selamat berjumpa lagi :) Dan salam buat suami.
Btw, Kris manja ??? *berpikir sangat keras*..... Failure to read the address 0x23ab46 huahaha....

-nugie EL97-

Anonymous said...

Hehehe...ternyata Tanti Kris dan Tasrin-Kris udah kenalan....dasar udah tua, saya suka keliru.

Btw, kadang kita memang hanya boleh menunjukkan kemanjaan pada orang tertentu saja,apalagi jika sudah bekerja dan menikah. Dan bukankah kita cukup nyaman hanya manja pada orang tertentu saja? Ada teman saya (padahal sulung), manja sekali, bahkan malah jadi olok-olok..karena kadang dia lupa, saat ngomong sama anakbuah suaranya juga bernada manja.

Itulah dunia kita Kris, apalagi bagi perempuan pekerja harus menunjukkan ketangguhan.

Kris Tasrin said...

@ nugie,
hi, pakabar pak? wadew dah lama gak ketemu ya? thanks kunjungan ke blog guenya ya.

@ edratna,
iya bu emang tuntutannya demikian mungkin ya..

Anonymous said...

kok kayak mirip2 aku yahh...

bungsu tapi mandiri

ciehhhhhhhhh... narsis (mode on)
kekekkekekke

Anonymous said...

no comment... hehehe...:-D, peronal aja deh comment nya..

Alison

Kris Tasrin said...

@ indah sitepu,
sama ya kita, narsis. hehe... gak deng

@ ALison,
Yee... gak niat gitu sih commentnya babe? Secara kamu adalah objek (apa subjek juga?) dari persoalan ini harusnya kamu yang paling banyak comment. Hehehe..

Anonymous said...

untuk masalah manja-mu.. aku tau kok kamu emang manja Kris...
Apalagi ama abang-mu...

Anonymous said...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!